Cara Menambakan Widget dan Widget Yang Wajib Ada Dalam Blog

 on Wednesday, August 26, 2015  

Widget, juga dikenal sebagai gadget, adalah alat kecil atau aplikasi yang dapat ditambahkan ke sebuah website atau blog untuk meningkatkan konten atau fungsi, atau untuk menarik konten dan layanan dari situs web pihak ketiga. Widget hadir dalam berbagai bentuk, seperti tickers countdown, foto, game, atau aplikasi media sosial interaktif yang memungkinkan Anda untuk chatting. Beberapa widget di Blogger berfungsi meningkatkan traffic blog Anda, seperti daftar pengikut blog atau memungkinkan pembaca untuk berlangganan konten blog Anda.

Blogger dapat menggunakan pendekatan pemasaran yang sama untuk menarik lalu lintas ke blog mereka sendiri. Anda dapat membuat widget untuk blog Anda yang terdiri dari klip singkat dari kode yang sangat mudah untuk berbagi dan didistribusikan. Banyak blogger atau webmaster lain selalu mencari widget yang menarik dan dirancang dengan baik.

Pada artikel ini terdapat beberapa cara yang bisa digunakan untuk menambahkan widget di website/blog anda.

1. Hal pertama sekali yang dilakukan adalah Login ke akun Blogger Anda dengan username dan password Anda. Setelah Anda login, pastikan Anda berada di Dashboard Blogger Anda, jika tidak klik pada "Dashboard" link, yang akan membawa Anda ke daftar blog Anda.

Cara Menambakan Widget dan Widget Yang Wajib Ada Dalam Blog

2. Mengakses halaman Layout blog Anda. Setelah memilih blog Anda, klik pada link "Design", yang akan membawa Anda ke halaman Layout. Klik pada link "Elemen Halaman", kemudian klik "Tambah Gadget."
Cara Menambakan Widget dan Widget Yang Wajib Ada Dalam Blog

3. Pilih widget atau gadget. Sebuah Blogger jendela pop-up akan muncul yang berisi daftar semua gadget yang tersedia melalui Google Blogger. Anda dapat mencari nama gadget tertentu, atau Anda dapat menelusuri melalui beberapa kategori, termasuk gadget Basic, gadget Unggulan, gadget Paling Populer atau More Gadget, yang disumbangkan oleh pengembang pihak ketiga untuk Blogger.

Cara Menambakan Widget dan Widget Yang Wajib Ada Dalam Blog

4.Menambahkan widget ke Blogger. Setelah Anda menemukan widget yang ingin Anda tambahkan, klik pada simbol tanda plus biru untuk menambahkannya ke tata letak blog Anda. Pada layar Layout, Anda akan dapat klik dan tarik widget ke mana Anda ingin untuk muncul di blog Anda.
Cara Menambakan Widget dan Widget Yang Wajib Ada Dalam Blog

5. Simpan perubahan Anda. Setelah Anda telah menambahkan widget Anda ingin tata letak Anda, klik pada tombol "Simpan" di bagian bawah layar Tata Letak untuk menyimpan perubahan ke Blogger.

Cara Menambakan Widget dan Widget Yang Wajib Ada Dalam Blog

6. Menambahkan widget kustom untuk Blogger menggunakan HTML dan JavaScript widget. HTML dan JavaScript widget dalam Blogger adalah sebuah widget kosong yang memungkinkan Anda untuk menambah atau menyisipkan fungsi pihak ketiga atau kode lainnya ke blog Anda. HTML dan JavaScript widget dapat ditemukan dengan mengklik "Tambah Gadget" dari layar Blogger Layout.

Catatan Penting

  • Ketika menambahkan widget Blogger atau widget disesuaikan untuk sidebar blog Anda, perhatikan ukuran lebar pixel untuk memastikan cocok dan terlihat dalam sidebar Anda. Jika Anda menggunakan template Blogger, Anda dapat menyesuaikan lebar sidebar menggunakan Template Designer pada tab Desain untuk mengakomodasi widget Anda.
  • Setiap kali Anda menggunakan "Tambah Gadget" fitur di Blogger, widget baru Anda akan selalu muncul di bagian atas tata letak Anda atas semua widget Anda lainnya. Anda akan diminta untuk drag dan drop widget baru Anda ke lokasi yang diinginkan.
  • Ketika menambahkan widget menggunakan "Tambah Gadget" alat dalam Blogger, Anda memiliki pilihan untuk memasukkan URL untuk gadget Anda ingin menambahkan dari luar Blogger. Klik pada link yang mengatakan "Add Your Own" dan ketik nama situs yang ingin Anda tambahkan.

Berikut 8 widget yang wajib ada di blog tersebut:

  1. Widget Alexa berguna Untuk mengetahui nilai alexa pada suatu blog.
  2. Widget Counter Blog berguna Untuk mengetahui jumlah pengunjung blog. Saya memakai counter dari situs hishats.com.
  3. Widget PageRank berguna Untuk mengetahui peringkat blog kita di mata search engine. Hitungan dimulai dari 1-10. Semakin tinggi PageRank blog kita,maka semakin bagus pula blog kita di mata search engine terutama google.com.
  4. Artikel Terbaru. Widget ini digunakan untuk mengarahkan pengunjung blog anda ke artikel terbaru sebelumnya milik blog anda. Juga bisa digunakan untuk menambah pageviews karena memperbanyak navigasi ke posting yang lainnya. Berikan link ke 5 artikel terbaru anda agar tidak terlalu banyak link yang ada pada homepage.
  5. Artikel Terkait. Widget ini digunakan untuk memberikan navigasi ke artikel yang mempunyai tema yang sama, misal trik blog. Artikel tentu berhubungan satu dengan yang lain. Maka dari itu diperlukan widget ini untuk mempermudah akses ke artikel lainnya juga. Ada juga yang menggunakan thumbnail. Maksudnya adalah dengan menampilkan gambar sebagai pendukung. Untuk lebih jelas, anda bisa membacanya pada cara membuat artikel terkait dengan thumbnail.
  6. Widget Arsip (Archive). Widget ini mengelompokkan postingan dalam bulan tertentu. Misalnya mengelompokkan posting yang dilakukan bulan Januari, Februari, dan lain-lain. Namun, ada optimasi yang harus anda lakukan. Jangan asal menggunakan widget ini. Pilih model Flat List agar tidak ada Error pada blog anda dalam widget ini.
  7. Social Bookmark. Digunakan untuk mempublikasikan postingan anda ke layanan sosial yang tersedia dalam widget. Dengan klik, artikel anda akan secara otomatis dipromosikan lewat situs berbasis direktori dan ini bisa membawa manfaat yang baik, yaitu trafik blog anda akan bertambah dan posisi pada Google akan naik juga.
  8. Widget Langganan Artikel. Widget ini juga berguna, khususnya untuk mempermudah pembaca blog anda mendapatkan info terbaru pada blog anda melalui email. Setiap artikel yang muncul pada blog anda akan secara otomatis masuk pada email pelanggan Feedburner anda. Ini menjadi cara tersendiri bagi blog anda untuk lebih terkenal.

Jadi Bagaimana Anda akan merancang widget?

Apakah Anda ingin menjadi seorang desainer atau Anda ingin menjadi cukup mampu untuk menyesuaikan template Anda dan posting, belajar baik CSS dan HTML sekarang menjadi keharusan untuk karir blogging bahagia. Saya belajar merancang dengan mengutak-atik Blogger template dan dengan membaca tutorial di W3Schools. Ada tiga tips praktis penting yang bisa saya berikan:

  • Pergi dan Belajar Photoshop. Cari sebuah lembaga terdekat di mana Photoshop diajarkan. Mengambil kursus tidak lebih dari 1 bulan.
  • Mulai membaca setidaknya 5 tutorial per hari HTML di W3Schools
  • Setelah Anda mempelajari dasar-dasar HTML kemudian mulai tutorial CSS dan membaca setidaknya 4 tutorial harian di W3Schools.

Setelah belajar segala sesuatu, Anda akan mulai bereksperimen dan melatihnya bulan depan dan pada bulan ketiga dan keempat Anda layak disebut Designer! Setelah Anda telah mengembangkan keterampilan merancang Anda maka Anda juga dapat mulai belajar JavaScript, php, dll.

Cara Menambakan Widget dan Widget Yang Wajib Ada Dalam Blog 4.5 5 Unknown Wednesday, August 26, 2015 Widget, juga dikenal sebagai gadget, adalah alat kecil atau aplikasi yang dapat ditambahkan ke sebuah website atau blog untuk meningkatkan ...


No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.